Sabtu, 13 September 2014

rivalitas,fanatisme,racisme kehidupan.

01 November 2011,
Gue dibandung coy.. Ngapain??? Yang jelas bukan buat rekreasi atau nyari peyeum.. #halaahh !!! Gue dipindah kerja dari cabang depok ke cabang bandung,tempatnya mah gausah diperjelas kali yah.. Sehari,seminggu dan seterusnya sampe akhirnya gue pun memutuskan buat ambil kuliah disini.. Gue sendiri tanpa sanak keluarga,cuma punya teman doang.

Yang mau gue ceritain sih pengalaman atau kejadian demi kejadian yang menggemaskan hingga menyebalkan dari awal sampe sekarang,loh bahagianya kaaga diceritain??? Gak usah deh yaahh..haha

Oke hari pertama gue udah diajak jalan kaki ke sekitar kontrakan dan gue pun puyeng,puyeng karena apa?? Bukan masuk angin kok,tapi karena dimana mata memandang disitu ada lambang persib,tulisan viking,bobotoh,bomber,hujatan terhadap the jakmania dll. Sangatlah fanatik orang-orang disini menurut gue yang baru pertama kali tau keadaan disini..
Oh iya,pas mau menuju kesini tas gue pun ga luput dari razia kedua orang tua gue,alhasil kaos-kaos,syal yang bertema jakmania/persija pun disitanya.. Mereka tidak buta dengan rivalitas jakarta & bandung :) okesip!!!

Gue kerja direstoran,dan pernah ada customer yang meninggalkan barangnya alias ketinggalan,dan itu berupa boneka "macan" kecil,karna ga balik lagi itu customer yaudah gue cap jadi hak milik deh..hehe

*nyeduh kopi dulu ya*

Oke lanjut,entah dihari keberapa dan siang itu gue jalan dari kontrakan menuju tempat kerja (di mall) gue pake kaos jakarta fair yg tulisannya "Jakarta Amazing City" dengan tas slempang kecil + gantungan "macan" kecil tadi.. Gue lewat di kuli-kuli bangunan mall yg lagi merenov bagian luar dan mereka serentak bernyanyi.. "Persija didadaku.. Persija kebanggaanku.. Ku yakin hari ini pasti menang.." ,entah memang kita 1 warna,atau itu suatu sindiran??? Hmm...

Kemudian di outlet gue itu sering ada cleaning service/security yg masuk kedapur buat minta minum/air panas,nah pas waktu itu didapur lgi ada orang-orang tersebut dan hape gue lagi nyolok ke sound,biasa dengerin musik biar gak bete.. Terus gue tinggal ke toilet,balik dari toilet lo tau lagu apa yang keluar dari pengeras suara didapur??? "1001 lawannya tak akan gentar persijaaaa.. Ayo majuuuu jadilah nomor satu!!,gue pun masuk kedapur dengan muka polos didampingi tatapan-tatapan maung yang belom makan kayaknya.. Fatal,ngeri takut campur aduk deh pas saat itu..

Lambat laun gue pun kuliah,punya lumayan banyak teman disini,gue bisa berbahasa sunda,punya pacar juga lohh.. #eh.. Dan mereka tau kalo gue itu The Jakmania tapi damai..

Kejadian penimpukan bis persib yang entah siapa pelakunya itu hampir bikin rontok semua bulu dibadan gue..knp?? Sebelum pertandingan mulai gue pergi ke suatu tempat buat beli sepatu sama temen anak sukabumi yg ga kenal bola..dia pake kaos putih tulisan "Jakarta" warna item,gue sih cuek karna setau gue klo Persib ketemu persija orang-orang disini sibuk nnton gapeduliin siapapun..eh gataunya ada kejadian pelemparan itu,gue ditunjuk-tunjuk diteriakin the jak,dan ada seseorang disekitar pasar teriak "Kalo ada kendaraan plat B lewat sini,bakar aja" kurang lebih gitu klo diterjemahin.. Gue langsung kepikiran motor kesayangan gue diparkiran.. Temen gue yang tadi gue kasih tas dan pakenya ditebalikin buat nutupin tulisan dikaosnya dan gue balik mencar naek angkot. Apakabar motor gue??? Gue tinggal dan gue ambil malem,masih utuh?? Alhamdulillah utuh dan aman..

Setiap tim mereka main,jalanan macet dan nyanyi-nyanyi racism.. Waktu itu didaerah kopo menuju soreang gue jalan santai pke motor,mereka lagi nyanyi "siapa bilang indonesia Arema "a*****" gitu.. Terus gue salip tuh mobil mereka pada, lagunya langsung berubah "viking bonek sama saja.. Asal jangan the jak.. The jak itu..Zzz". Sakit hati ga?? Sakit banget lah.. Apa salah gue??

Persib main lawan persiram klo gak salah di jalak dan kalah,pas mereka bubar bareng sama jam keberangkatan kuliah gue,setiap berenti di lampu merah ban belakang gue ditabrak,lagi jalan santai digeber-geber padahal gak macet.. Untung gue orangnya tenang,klo gue emosi gue yang abis soalnya.. Takut mati?? Pasti lah.. Persija emang sampe mati,tapi gak konyol juga matinya..

Sampe yang terakhir kemarin pas malem takbir idul adha,gue makan di restoran ayam 24jam ditengah kota,gue sering parkir ditempat itu,tapi baru kemarin gue baru dateng pas lagi ngegembok cakram dinyanyiin sama tukang jaga penitipan Helm+Security "kandang tandang the jak dijalankan tuk menonton persija kesayangan... Tapi ujungnya tetep bawa-bawa kotoran & binatang". Gue heran,mereka-mereka apal semua lagunya walaupun ujungnya berisi hujatan..

Udahan ya??? ini cerita asli,orang-orang saksinya masih pada hidup,walaupun banyak yang kepotong dan gak gue share,pegel coy lewat hape nih..haahaha
Gue tulis kaya gini bukan untuk ngebangkitin emosi kalian (the jakmania) untuk melakukan hal yang udah mereka lakuin ke gue,tapi biar kalian semua bisa memikirkan nasib gue atau orang-orang lain yang senasib sama gue disini... Lo bantai mereka disana,lo menang,lo bangga tapi gue atau orang-orang yang senasib kaya gue disini tertekan.. Kalo gue bisa ngelawan juga gue pengen ngelawan atas perlakuan mereka,tulisan-tulisan dibajunya,tapi gue sadar tempat dan gue mau banget jadi saksi perdamaian kedua supporter besar ini,gue pengeeennn banget pergi ke kampus,main ke mana-mana pake jersey persija,apalagi bisa berdiri tegak beratribut oren lengkap,bernyanyi mensupport persija di siliwangi,jalak atau gede bage yang baru jadi itu..

Udah ah capek nih asli.. Salam oren selamanya \m/ 17-10-13 03:08 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar